Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

(Studi Kasus Pada SMAN 1 Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan)

Penulis

  • Achmad Fauzi FKIP Unversitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.656

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan  (KOSP) SMAN 1 Karang Intan sudah melaksanakan  Kurikulum Merdeka. Mulai Juli 2022 dan Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan  (KOSP) mulai tahun ajaran 2022-2023 untuk kelas X, kelas XI untuk  fase E  tahun ajaran 2023-2024. Adapun langkah-langkah SMAN 1 Karang Intan Kab Banjar dalam mengimplentasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan  (KOSP) adalah (Pertama) Membentuk Komite pembelajaran (Kedua) Mengadakan IHT tentang Kurikulum Merdeka. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. (Ketiga) Menganalisis Karakteritik Satuan Pendidikan yaitu SMAN 1 Karang Intan. (Keempat), Merumuskan visi dan visi serta Tujuan Sekolah sesuai dengan Karanteristik sekolah. (Kelima)  Menyusun Organisasi Pembelajaran di sekolah, yang meliputi: Pengorganisasian Pembelajaran di Satuan Pendidikan, Menganalisis Kebutuhan untuk Mengorganisasi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran: Mata Pelajaran. (Keenam) Merencanakan pembelajaran meliputi. Memahami Capaian Pembelajaran (CP), Merumuskan tujuan pembelajaran,  Menyusun alur Tujuan pembelajaran, (Ketujuh) adanya  Pendampingan dan Evaluasi serta pengembangkan Profesional.(Kedelapan) Mengadakan rapat dengan Tim pengembang Kurikulum Merdeka dalam mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP (Kesembilan) Mendapatkan dukungan dan bimbingan dari  Fasilitator Sekolah penggerak dan pengawas Pembina. Karena fasilitator berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah penggerak, termasuk guru/pendidik, untuk mewujudkan dan Mengembangkan kurikulum operasional Satuan Pendidikan (KOSP) berdasarkan  kerangka dan struktur kurikulum, sesuai karakteristik dan  kebutuhan SMAN 1 Karang Intan.

Referensi

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2022). Panduan Pengembangan KOSP. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Ke-budayaan Riset dan Teknologi.(2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan 2022

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Ke-budayaan Riset dan Teknologi.(2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 2022.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).(2022) Panduan Pembelaja-ran dan Asesmen, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi 2022

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP. Kementerian Pendidikan, Ke-budayaan, Riset, dan Teknologi.(2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan 2022

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.(2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP),(2022) Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,.(1982). Qualitative Research for Educatioan: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Burhan Bungin.(2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif .Jakarta: Penerbit: Raja Grafindo Persada.

Direktur KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.(2022). Pan-duan Kurikulum Operasional Madrasah. (KOM) 2022.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:.Remaja Rosdakarya.

Fauzi Achmad.(2018). Adm dan Supervisi Pendidikan. Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. , Yogyakarta: KMedia.

Fauzi Achmad.(2023). Menyusun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Pada MI dan MTs Nurul Ulum Banjarmasin Tahun 2023. Materi disampaikan pada acara Work-shop IKM di Yayasan Bina Insani, Nurul Ulum Teluk Tiram Darat Banjarmasin, tanggal 28 – 30 Maret 2023

Fauzi, Achmad.(2022). Kurikulum Merdeka dan Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru. Materi IKM disampaikan pada Kegiatan IHT SMAN 1 Banjarbaru Juli 2022.

Fauzi. Achmad. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Ap-likasinya di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Kemendikbudristek . (2022). Materi Kebijakan Kurikulum.

Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Ke-budayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Tahapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pen-didikan 2022

Keputusan Menteri Agama RI Nomor 347 Tahun 2022, Tentang Pedoman Implementasi Ku-rikulum Merdeka Pada Madrasah.

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No 162/M/2021 Ten-tang Program Sekolah Penggerak

Merdeka Belajar Episode keLima Belas. (2022).Kurikulum Merdeka dan Platfom Merdeka Belajar . Kemendikbudristek.

Miles, M. B. and Hubberman, A.M. (1992) Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Baru. (Terjemahan, Tjejep Rohidi,Jakarta: UI-Press)

Mulyasa, (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Penerbit : Alfabeta.

Yvonna S Lincoln and Egon G. Guba,.(1985) Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, Califonia: Sage Publications.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-02

Cara Mengutip

Fauzi, A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP): (Studi Kasus Pada SMAN 1 Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan) . Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(2), 74–83. https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.656

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.