Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak
(Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar)
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480Kata Kunci:
Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum MerdekaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak yaitu SMAN 1 Pengaron, yang mulai Juli 2022 mulai menerapkam Kurikulum Merdeka. Adapun Langkah langkah SMAN1 Pengaron dalam mengimplentasikan Kurikulum Merdeka adalah (1) Membentuk Komite pembelajaran. Komite Pembelajaran adalah sebuah tim di tingkat satuan pendidikan, (2) Mengadakan In House Training (IHT), tentang Kurikulum Merdeka di sekolah (3) Merumuskan visi dan visi serta Tujuan Sekolah sesuai dengan Karanteristik sekolah. (4) Mengadakan rapat dengan Tim Pengembang Kurikulum. (5) Menelaah dan Menggunakan panduan serta pedoman yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (6) Selalu berkonsultasi dan berkordinasi dengan Fasilitator Sekolah penggerak serta pengawas Pembina.
Referensi
Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,. Qualitative Research for Educatioan: An Intro-duction to Theory and Methods. (Bos-ton: Allyn and Bacon, Inc, 1982)
Fauzi Achmad. Kurikulum Merdeka dan Re-fleksi Pembelajaran Paradigma Baru. Materi IKM disampaikan pada Kegiatan IHT SMAN 1 Banjarbaru Juli 2022
Fauzi. Achmad. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Aplikasinya di Sekolah (Yogyakarta Penernit K-Media, 2016)
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Pen-erbit : Alfabeta, 2008
Miles, M. B. and Hubberman, A.M, Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Baru. (Terjemahan, Tjejep Ro-hidi,Jakarta: UI-Press. 1992)
Fauzi A.. Adm dan Supervisi Pendidikan. Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. , Yogyakarta. KMedia 2018,
Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara.2012
E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profe-sional. (Bandung:.Remaja Rosdakarya. 2005),
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No 162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak
Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tahapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan 2022
Merdeka Belajr Episode keLima Belas Ku-rikulum Merdeka dan Platfom Merdeka Belajar . Kemendikbudristek 2022
Panduan Pengembangan KOSP. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi April 2022
Materi Kebijakan Kurikulum. Kemendik-budristek 2022
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Achmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.