Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak

(Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar)

Penulis

  • Achmad Fauzi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Kata Kunci:

Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka  di Sekolah Penggerak yaitu  SMAN 1 Pengaron, yang mulai Juli 2022 mulai menerapkam Kurikulum Merdeka. Adapun Langkah langkah SMAN1 Pengaron dalam mengimplentasikan Kurikulum Merdeka adalah (1)  Membentuk Komite pembelajaran.  Komite Pembelajaran adalah sebuah tim di tingkat satuan pendidikan, (2) Mengadakan In House Training (IHT), tentang Kurikulum Merdeka di sekolah  (3)  Merumuskan visi dan visi serta Tujuan Sekolah sesuai dengan Karanteristik sekolah. (4) Mengadakan rapat dengan Tim Pengembang Kurikulum. (5) Menelaah dan  Menggunakan panduan serta pedoman  yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (6) Selalu berkonsultasi dan berkordinasi dengan  Fasilitator Sekolah penggerak serta pengawas Pembina.

Referensi

Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,. Qualitative Research for Educatioan: An Intro-duction to Theory and Methods. (Bos-ton: Allyn and Bacon, Inc, 1982)

Fauzi Achmad. Kurikulum Merdeka dan Re-fleksi Pembelajaran Paradigma Baru. Materi IKM disampaikan pada Kegiatan IHT SMAN 1 Banjarbaru Juli 2022

Fauzi. Achmad. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Aplikasinya di Sekolah (Yogyakarta Penernit K-Media, 2016)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Pen-erbit : Alfabeta, 2008

Miles, M. B. and Hubberman, A.M, Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Baru. (Terjemahan, Tjejep Ro-hidi,Jakarta: UI-Press. 1992)

Fauzi A.. Adm dan Supervisi Pendidikan. Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. , Yogyakarta. KMedia 2018,

Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara.2012

E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profe-sional. (Bandung:.Remaja Rosdakarya. 2005),

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No 162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak

Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tahapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan 2022

Merdeka Belajr Episode keLima Belas Ku-rikulum Merdeka dan Platfom Merdeka Belajar . Kemendikbudristek 2022

Panduan Pengembangan KOSP. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi April 2022

Materi Kebijakan Kurikulum. Kemendik-budristek 2022

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Fauzi, A. . . (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak : (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.