Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
(Studi Kasus Pada SMAN 1 Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.656Kata Kunci:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SMAN 1 Karang Intan sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka. Mulai Juli 2022 dan Mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) mulai tahun ajaran 2022-2023 untuk kelas X, kelas XI untuk fase E tahun ajaran 2023-2024. Adapun langkah-langkah SMAN 1 Karang Intan Kab Banjar dalam mengimplentasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) adalah (Pertama) Membentuk Komite pembelajaran (Kedua) Mengadakan IHT tentang Kurikulum Merdeka. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. (Ketiga) Menganalisis Karakteritik Satuan Pendidikan yaitu SMAN 1 Karang Intan. (Keempat), Merumuskan visi dan visi serta Tujuan Sekolah sesuai dengan Karanteristik sekolah. (Kelima) Menyusun Organisasi Pembelajaran di sekolah, yang meliputi: Pengorganisasian Pembelajaran di Satuan Pendidikan, Menganalisis Kebutuhan untuk Mengorganisasi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran: Mata Pelajaran. (Keenam) Merencanakan pembelajaran meliputi. Memahami Capaian Pembelajaran (CP), Merumuskan tujuan pembelajaran, Menyusun alur Tujuan pembelajaran, (Ketujuh) adanya Pendampingan dan Evaluasi serta pengembangkan Profesional.(Kedelapan) Mengadakan rapat dengan Tim pengembang Kurikulum Merdeka dalam mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP (Kesembilan) Mendapatkan dukungan dan bimbingan dari Fasilitator Sekolah penggerak dan pengawas Pembina. Karena fasilitator berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah penggerak, termasuk guru/pendidik, untuk mewujudkan dan Mengembangkan kurikulum operasional Satuan Pendidikan (KOSP) berdasarkan kerangka dan struktur kurikulum, sesuai karakteristik dan kebutuhan SMAN 1 Karang Intan.
Referensi
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2022). Panduan Pengembangan KOSP. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Ke-budayaan Riset dan Teknologi.(2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan 2022
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Ke-budayaan Riset dan Teknologi.(2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 2022.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).(2022) Panduan Pembelaja-ran dan Asesmen, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi 2022
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP. Kementerian Pendidikan, Ke-budayaan, Riset, dan Teknologi.(2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan 2022
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.(2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP),(2022) Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,.(1982). Qualitative Research for Educatioan: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Burhan Bungin.(2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif .Jakarta: Penerbit: Raja Grafindo Persada.
Direktur KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.(2022). Pan-duan Kurikulum Operasional Madrasah. (KOM) 2022.
E. Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:.Remaja Rosdakarya.
Fauzi Achmad.(2018). Adm dan Supervisi Pendidikan. Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. , Yogyakarta: KMedia.
Fauzi Achmad.(2023). Menyusun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Pada MI dan MTs Nurul Ulum Banjarmasin Tahun 2023. Materi disampaikan pada acara Work-shop IKM di Yayasan Bina Insani, Nurul Ulum Teluk Tiram Darat Banjarmasin, tanggal 28 – 30 Maret 2023
Fauzi, Achmad.(2022). Kurikulum Merdeka dan Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru. Materi IKM disampaikan pada Kegiatan IHT SMAN 1 Banjarbaru Juli 2022.
Fauzi. Achmad. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Ap-likasinya di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Kemendikbudristek . (2022). Materi Kebijakan Kurikulum.
Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Ke-budayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Tahapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pen-didikan 2022
Keputusan Menteri Agama RI Nomor 347 Tahun 2022, Tentang Pedoman Implementasi Ku-rikulum Merdeka Pada Madrasah.
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No 162/M/2021 Ten-tang Program Sekolah Penggerak
Merdeka Belajar Episode keLima Belas. (2022).Kurikulum Merdeka dan Platfom Merdeka Belajar . Kemendikbudristek.
Miles, M. B. and Hubberman, A.M. (1992) Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Baru. (Terjemahan, Tjejep Rohidi,Jakarta: UI-Press)
Mulyasa, (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Penerbit : Alfabeta.
Yvonna S Lincoln and Egon G. Guba,.(1985) Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, Califonia: Sage Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Achmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.